Google Custom Search Element API Example
Loading...

Home » » Tugas 3.4 Coso

Tugas 3.4 Coso

COSO adalah singkatan dari Comitte of Sponsoring Organization of treadway Commision, yaitu suatu inisiatif dari sektor swasta yang dibentuk pada tahun 1985. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penggelapan laporan keuangan dan membuat rekomendai untuk pengendalian, standar, dan kriteria internal yang dapat digunakan perusahaan untuk menilai sistem pengendalian mereka.
COSO disponsori dan didanai oleh 5 asosiasi dan lembaga akuntansi profesional, antara lain : American Institute of Certified Public Accountant (AICPA), American Accounting Association (AAA),Financial Excecutives Institute (FEI), The Institute of Internal Auditor (IIA) dan The Institute of Management Accountant (IMA)
Meskipun disponsori oleh 5 profesional association, pada dasarnya komisi ini bersifat independen dan orang-orang yang berada didalamnya berasal dari berbagai kalangan: industri, akuntan publik, bursa efek, dan investor
Model COSO adalah salah satu model pengendalian internal yan banyak digunakan oleh para auditor sebagai dasar untuk mengevaluasi, dan mengembangkan pengendalian internal. Menurut model COSO, internal control adalah suatu proses, melibatkan seluruh anggota organisasi, dan memiliki tiga tujuan utama, yaitu efektifitas dan efisiensi operasi, mendorong kehandalan laporan keuangan, dan dipatuhinya hukum dan peraturan yang ada.
Menurut COSO framework, internal control terdiri dari lima komponen yang saling terkait, yaitu:
a.      Control enviroment
b.      Risk assessment
c.      Control activities
d.      Information and communication
e.      Monitoring

Pada tahun 2004,COSO mengeluarkan report enterprise risk management – integrated framework sebagai penembangan COSO framework diatas. Dijelaskan ada 8 komponen dalam enetrprise risk management, yaitu : 
·        Internal enviroment
·        Objective setting 
·        Event identification 
·        Risk assessment
·        Risk response 
·        Control activities 
·        Information and communication
·        Monitoring
Credit: http://zainabmustaqimah.blogspot.com/2013/01/pengendalian-internal-coso-dan-cobit.html
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tugas Kuliah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger